JOYSTIK


Pengertian Joystick
Joystick adalah alat masukan (alat input) komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Selain untuk mengontrol permainan video, joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.

Fungsi Joystick
Joystick digunakan dalam bidang multimedia, khususnya game. Joystick juga digunakan untuk mengendalikan mesin seperti crane, truk, kendaraan tak berawak bawah air, kursi roda, kamera pengawas dan mesin pemotong rumput. Joystick jari mini telah diadopsi sebagai alat input untuk peralatan elektronik kecil seperti ponsel.

Sejarah Joystick
Joystick mulai dikenal pada abad 20-an pada waktu itu di nama joystick diartikan tongkat pengendali pesawat terbang.

Kemudian joystick berkembang menjadi alat elektrik. 2-axis joystick ditemukan di sekitar tahun 1944 di Negara Jerman. Alat dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap target kapal. Di sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk mengemudi proyektil ke arah target nya. Joystick ini mempunyai tombol on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio.

Pada tahun 1960 penggunaan joysticks menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri pesawat udara modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964). Kraft kemudian menyalurkan ide joysticks kepada industri komputer dan para pemakai lain.

Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensiometer untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardware)

Perkembangan dan cara kerja Joystick
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi. Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu Primary Storage, Arithmatic Logic Unit (ALU) dan Control Unit (CU).

  1. PRIMARY STORAGE (PS) adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut dengan main memory.
  2. ARITHMATIC LOGIC UNIT (ALU) adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer.
  3. CONTROL UNIT (CU) adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan
Macam Jenis Joystick
Jenis joystick yang digunakan komputer sangat banyak, tergantung jenis dan fungsi joystick itu sendiri.



Jenis joystick disamping ini adalah jenis joystick yang paling sering digunakan pengguna game dikarenakan joystick tersebut dapat digunakan untuk game apa saja.








Jenis joystick disamping  ini berbentuk seperti stir mobil jenis joystick tersebut berfungsi khusus untuk game balap mobil.








Jenis joystick disamping adalah jenis joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk game pesawat terbang.








Sumber Kaskus Selengkapnya klik disini
*- Untuk melihat isi pada halaman web tersebut klik show
*- Unuk gambar Joystick lebih banyak klik disini

Aldena Oktavian Permatasari

Hi, my name is Aldena Oktavian Permatasari. Just call me Dena or Al, i actually preferred to be called Al hehehe. I was born on 1996, you can calculate by yourself about my age hehehe. I am studying Information System, i have a little skill in programming.

No comments:

Post a Comment