KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JAVA


KELEBIHAN


* Multiplatform
Multiplatform disini maksudnya adalah Java dapat digunakan pada lebih dari 1 platform / sistem operasi komputer. Jadi kita cukup menulis program Java sekali, lalu dapat digunakan di beberapa platform. Sampai ssat ini platform yang didukung oleh Java adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris.
* OOP
OOP(Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek). Java telah mendukung program yang berorientasi objek.
* Perpustakaan Kelas Yang Lengkap
Maksudnya perpustakaan disini adalah kumpulan program-program yang disertakan dalam pemrograman Java. Java terkenal dengan perpustakaan yang lengkap, sehingga memudahkan pemrogram dalam membuat aplikasi. Semakin lengkapnya perpustakaan ini karena ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar dan terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
* Bergaya C++
Dengan sintaks yang seperti bahasa pemrograman C++, Java dapat menarik perhatian para pemrogram C++ untuk beralih ke Java. Kebanyakan pengguna Java saat ini adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Bahkan sekarang universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai berpinda mengajarkan Java kepada murid-muridnya. Karena Java mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna bagi mereka nantinya.





KEKURANGAN


* Tulis sekali, jalankan di mana
Memang sebenarnya salah satu kelebihan Java adalah Tulis sekali, jalankan dimana saja. Namun, ada beberapa hal yang tidak compatible antara platform yang satu dengan platform lainnya. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai saat ini tidak berfungsi pada Mac OS X.
* Mudah didekompilasi
Maksud dari Dekom[ilasi adalah proses pembalikan dari kode jadi menjadi kode sumber. Hal dimungkinkan terjadi karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut-atribut bahasa tingkat tinggi seperti nama kelas, metode, dan tipe data. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program sulit disembunyikan sehingga mudah dibajak.
* Penggunaan memori yang banyak
Penggunaan program berbasis Java memang membutuhkan memory yang cukup besar. Sehingga kita perlu memiliki memory yang cukup besar juga. Dan dengan dibutuhkannya memory yang besar, tentu masalah bagi mesin komputer yang berumur lebih dari 4 tahun.

Aldena Oktavian Permatasari

Hi, my name is Aldena Oktavian Permatasari. Just call me Dena or Al, i actually preferred to be called Al hehehe. I was born on 1996, you can calculate by yourself about my age hehehe. I am studying Information System, i have a little skill in programming.

No comments:

Post a Comment