SEJARAH JAVA


            Sejarah Java berawal pada tahun 1991 ketika para programmer dari Sun Microsystem melakukan sebuah proyek yang dinamakan Green Project. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Proyek ini dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak.
            Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dan menghasilkansebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai Star Seven.
            Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan Tv kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek Green Project. Dan mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, yang terinspirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Kemudian nama Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.
            Sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka ini diikuti dengan pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.
            Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja "Bapak Java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak lain sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini diambil ketika James sedang minum kopi kesukaannya di sebuah cafe.


            Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Dan perkembangan java selanjutnya adalah sebagai berikut :

java.lang : Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
java.io : Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
java.util : Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
java.net : Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
java.awt : Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
java.applet : Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.

Sumber : Wikipedia



Aldena Oktavian Permatasari

Hi, my name is Aldena Oktavian Permatasari. Just call me Dena or Al, i actually preferred to be called Al hehehe. I was born on 1996, you can calculate by yourself about my age hehehe. I am studying Information System, i have a little skill in programming.

No comments:

Post a Comment