MP3 Player dari JAVA

        Membuat mp3 player ternyata bisa dari JAVA, dan disini saya mau share sedikit tentang cara membuat mp3 player yang hampir dinamis hehe. Tapi sebelumnya kita perlu meng install JMF terlebih dahulu, JMF ini semacam plugin mp3 untuk java. Kalau belum punya installernya, bisa download disini. Jika sudah download dan install, kemudian restart laptop. Setelah itu lanjut buka Netbeans dan "We are ready to make MP3 Player" . Oke langsung aja disimak prosesnya dibawah ini hehe .

1.   Buat project baru tanpa main class, misal nama project adalah MP3 Player.

2.   Buat package mediaplayer dan buat "New -> JFrame Form" kemudian beri nama misal MediaPlayer dan tambahkan komponen - komponen didalamnya.

Komponen yang terpenting adalah JList untuk list data lagu yang akan dimainkan, button Play, button Tambah Lagu, button Delete ( Hapus Lagu ) dan 1 jPanel kosong untuk slider ( waktu panjangnya lagu ) . Sedangkan komponen lainnya seperti label, gambar dll bisa ditambahkan sendiri sesuka hati.
Kalau punya saya tampilannya seperti gambar disamping, dan jPanel kosong saya saranin diletakkan diatas tombol Play. Ohiya dibawahnya gambar garis itu saya tambahin satu Label untuk status. Maksudnya status itu seperti status Gagal, Berhasil, dll.










3.   Sekarang kita mulai di code nya,. Pertama kita deklarasikan beberapa variabel yang akan digunakan nantinya. Untuk penulisan terserah dimana asalkan berada didalam class .



4.   Selanjutnya kita bikin method "mainkan" yang nanti akan digunakan untuk memainkan lagu serta menampilkan slider ( waktu main lagu ).


     Pada code diatas kita jumpai adanya code jPanel3.add . jPanel3 adalah nama jPanel yang kita kosong i tadi. jPanel ini nantinya akan diisi oleh slider ( waktu main lagu ). Karena konsep slider kita nanti adalah akan muncul ketika lagu dimainkan, tetapi ketika lagu berhenti slider juga akan hilang.

5.   Buat method lagi dengan nama "searchOpenPath" yang digunakan untuk mengambil file. Maksudnya ketika kita menekan tombol Tambah Lagu, maka code yang nanti akan dijalankan adalah code di method "searchOpenPath".


     Dalam code tersebut kita jumpai adanya code .mp3 itu maksudnya adalah file yang bisa dibaca/dibuka hanya file yang berekstensi .mp3

6.   Lanjut buat method lagi yaitu method "keluar" dan method "hapus". 
Method "keluar"
   Method ini fungsinya ketika kita akan keluar dari program, maka kita tidak langsung keluar/menutup program tapi akan muncul Confirm Dialog apakah kita yakin mau keluar atau tidak.


Method "hapus"
    Method ini berfungsi ketika kita akan menghapus file dari list mp3 player kita. Jadi file tidak langsung dihapus, namun akan muncul Confirm Dialog apakah yakin mau menghapus atau tidak.


7.   Kembali ke design dan klik dua kali pada button "Play". Kita mulai memberi perintah/code pada button tersebut.


     Konsep code disini adalah ketika kita tekan "Play" lagu akan dimainkan dan muncul slider ( waktu main lagu ) serta button yang semula "Play" menjadi "Stop". Tentu fungsinya berubah, jadi ketika kita tekan "Stop" lagu akan berhenti dan slider hilang. jPanel3 adalah nama panel tempat slider ditampilkan. jButton1 adalah nama button "Play".

8.   Kembali lagi ke Design dan klik dua kali pada button "Tambah Lagu". Ketikkan code berikut.


     jList1 adalah nama jList yang digunakan untuk menampilkan list lagu di mp3 player. Ceritanya disini ketika kita memilih lagu akan langsung ditambahkan di dalam list mp3 player.

9.   Kembali ke Design dan klik dua kali pada button "Delete" dan ketikkan code berikut.


10.   Kembali lagi ke Design dan klik kanan pada jFrame di Navigator --> Events --> Window --> windowClosing[formWindowClosing] . Ketikkan code berikut.


Program sudah jadi, kalau masih ada yang error kemungkinan ada class yang belum diimport. Caranya cukup tekan "Ctrl + Shift + I" ini adalah cara cepat untuk melakukan import pada setiap class yang kita gunakan.

Sekarang saatnya testing program dan inilah hasilnya. Tekan Shift + F6 .
Lihat hasilnya disini :
Inilah tampilan awal punya saya.


Ketika diklik tombol "Tambah Lagu" muncul option untuk memilih lagu.


Tampilan setelah menambah beberapa lagu ( lagu tampil di JList ).


Mencoba memainkan lagu dengan menekan tombol "Play", maka lagu akan dimainkan dan muncul silder ( waktu main lagu ). Waktu main lagu diatas tombol "Play" itulah yang saya maksud. Serta tombol "Play" berubah menjadi tombol "Stop".


Di slider itu kita juga bisa mengatur volume sesuai dengan yang kita inginkan.


Ketika lagu berhenti ( menekan tombol "Stop" ).


Saat akan menghapus file ( muncul Confirm Dialog ).


Jika memilih "Tidak" akan kembali ke tampilan sebelumnya, tapi jika memilih "Ya" maka lagu akan terhapus.


Ketika akan keluar dari program ( muncul Confirm Dialog ).


Jika memilih "Tidak" akan kembali ke tampilan sebelumnya, tapi jika memilih "Ya" maka akan keluar dari program.

     Nah itu tadi share tentang bagaimana cara membuat MP3 Playe dari JAVA. Semoga dapat bermanfaat dan dapat dikembangkan menjadi lebih dinamis.

Aldena Oktavian Permatasari

Hi, my name is Aldena Oktavian Permatasari. Just call me Dena or Al, i actually preferred to be called Al hehehe. I was born on 1996, you can calculate by yourself about my age hehehe. I am studying Information System, i have a little skill in programming.

8 comments:

  1. AOP kepanjangann "Aspect Oriented Programming" atau "Aldena Oktavian Player" tuh :D hehe

    ReplyDelete
  2. AOP itu Aldena Oktavian Permatasari mas :D hehe

    ReplyDelete
  3. sebenernya istilah AOP (Aspect Oriented Programming) juga di pakek dalam OOP. dan kebetulan bahasa java mengadopsi konsep AOP dengan sangat baik, semisal tertarik untuk mempelajari bagus itu. lumayan tambah2 ilmu, hehe.

    ReplyDelete
  4. wah kapan" belajar AOP deh mas, buat nambah pengetahuan. Sekarang lagi belajar groovy dulu hehehe :D

    ReplyDelete
  5. gan, ni Manager sama Player itu class kah??
    bikin sendiri?
    kalau iya apa isi ny????

    ReplyDelete
  6. tanya mbak aldena..kenpa waktu tambah lagu gak bsa tampil ya

    ReplyDelete
  7. Makasih gan tutorialnya,...:), dari tutorial ini saya kembangin dan saya berhasil membuat aplikasi mp3 player. Monggo gan dilihat hehe,..

    http://tegarswasono.web.id/index.php/2016/01/22/mp3-player/

    ReplyDelete